Pembinaan SISMASWAS Dari DKP Gunungkidul Dan DKP Propinsi D. I. Yogyakarta untuk POKMASWAS Klayar

Dalam rangka pemantapan  Sistem Pengawasan Berbasis Masyarakat (SISMASWAS) di perairan umum yaitu  kali oyo yang melintas di Kabupaten Gunungkidul  lebih khusus lagi di Padukuhan Klayar yang   memang sejak tahun 2008 sudah terbentuk kelompok masyarakat pengawas sepadan kali oyo. Awal terbentuknya karena merasa prihatin atas kondisi kali oyo dimana habitat yang hidup didalamnya semakin menghilang alias hampir punah dikarenakan penangkapan ikan atau jenis hewan air lainya dengan cara yang tidak ramah lingkungan yaitu dengan  strum dan obat.

Hal ini  mengakibatkan semua jenis ikan mati baik yang kecil maupun yang besar, efek lain  lagi yang fatal adalah  kualitas air sungai menjadi buruk karena terkontiminasi dengan berbagai merk bahan kimia.  Ini mengakibatkan dampak negatif  bagi masyarakat sekitar kali karena  air kali oyo secara umum masih digunakan oleh warga sekitar kali sebagai sumber air minum maupun kebutuhan lainya seperti mencuci, mandi dan mengaliri sawah / tegalan.

Dengan dukungan penuh dari Pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul serta  Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi D. I. Yogyakarta  semakin memantapkan kelompok pengawas yang ada di Klayar.

Dalam pembinaan kali inipun Komandan POKMASWAS pihak DKP Propinsi dan Kabupaten secara langsung datang ke Klayar untuk memberi pembinaan dari DKP Propinsi berkenan hadir Bapak. Ir. Toni dan Bpk. Partono dan dari DKP Gunungkidul juga berkenan hadir Bpk. Saidin, Bpk. Pri Bpk. Tugiyo dan yang lain yang mohon maaf penulis tidak hafal namanya yang intinya kami selaku kelompok pengawas di Klayar sangat mengucapkan banyak terimakasih atas atas bimbingan, bantuan dan lainya yang selama ini benar benar kita rasakan manfatnya.

Dalam pertemuan dan pembinaan di Klayar selain pemantapan petugas kelompok juga diutarakan banyak visi misi dan tujuan kedepan bagi kelompok juga bagi masyarakat khususnya Klayar yang nantinya bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat dengan memprakarsai  Gerakan Pembangunan Ekonomi Masyarakat Aliran Sepadan Kali (GERBANGMAS ASRI), ini awalnya di Klayar dulu karena Klayar memang yang punya gagasan yang pertama namun nantinya akan dikembangkan untuk wilayah lain secara bertahap ... Kata Pak Saidin  di ikuti anggukan dari Pak Toni dan Pak Partono di sambut tepuk tangan dari anggota POKMASWAS.

Kebersamaan sangat terasa saat pertemuan walaupun hanya lesehan dan ditemani segelas teh  serta  makanan khas  dusun ubi, enthek,  kacang dll yang semua diambil dari kebun namun dialog sangat responsif  terindikasi dari  berbagai keluhan, masukan serta saran bisa tertampung dan dicarikan solusinya  ..... ya walaupun belum semua bisa terpenuhi namun secara bertahap akan diusahakan untuk dipenuhi  semua demi kesuksesan SISMASWAS yang bertujuan  mewujudkan aliran sungai yang bersih dan terjaganya habitat yang sempat akan punah.


**** Mohon maaf gambar kurang bersih karena hanya menggunakan kamera HP VGA ****

0 komentar:

Posting Komentar

Di Bawah Artikel Terkait Yang Sering Di Baca


visitors globe